Siaran Pers


PT Angkasa Pura II (Persero) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD) sepakat menandatangani Perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait peningkatan sumber daya manusia dalam mengakselerasi tercapainya visi-misi korporasi sebagai The Best Smart Connected Airport Operator in The Region.

Acara penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dengan Rektor UNPAD Tri Hanggono Achmad di Kampus UNPAD Dipati Ukur - Bandung, Senin 5 Maret 2018.

Langkah strategis yang diambil perseroan ini adalah merupakan implementasi dari *Great People Development Program (GPDP)* yang didalamnya terdapat program pelatihan dan pendidikan Global Development Program (GDP) untuk menciptakan SDM profesional melalui short course yang memiliki sertifikasi internasional yang diakui seluruh dunia, serta Management Development program (MDP) untuk meningkatkan pendidikan formal karyawan AP II.

MoU yang ditandatangani antara AP II dengan UNPAD tersebut akan memberikan kesempatan Program Beasiswa dengan Jaminan Kerja; Program Internship; dan kesempatan berkarir kepada mahasiswa UNPAD yang berprestasi melalui penyelenggaraan program rekrutmen calon karyawan jalur khusus (fast track recruitment), khususnya pada bidang studi yang sesuai dengan karakteristik bisnis AP II.

Sebelumnya AP II juga telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi terbaik di tanah air yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 18 Agustus 2017 terkait pengembangan SDM melalui program S2 dan menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 23 Februari 2018 dalam penyelenggaraan program rekrutmen jalur khusus bagi mahasiswa yang berprestasi. Kedepannya kerjasama yg serupa juga akan dilakukan demgan Universitas lainnya. 

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan, “Kerjasama dengan UNPAD sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik Indonesia merupakan bagian dari program transformasi AP II dari sisi pengembangan dan pemenuhan SDM, serta sejalan dengan pengembangan usaha yang tengah dilakukan oleh korporasi saat ini”.

“Di tahun 2018, AP II telah mengelola 15 bandara utama di Indonesia dengan total penumpang yang telah dilayani menembus lebih dari 100 juta penumpang, dan kami pun bahkan akan segera mengelola 7 bandara baru. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk memiliki dan membangun kekuatan SDM yang berkualitas”, tambah Awaluddin.

PT Angkasa Pura II (Persero) memasuki tahun 2018 dengan optimis yakni dengan telah mencanangkan berbagai program strategis dan target kinerja dalam tema Airports Grow Faster 2018 dimana telah dicanangkan 3 program utama yaitu Accelerated Revenue Growth untuk mengakselerasi target pertumbuhan pendapatan (revenue) sebesar double digit yaitu mencapai lebih dari mencapai Rp 9.7 triliun. Kemudian program On Becoming 1 Million Aircraft Movements dan Implementasi Airport Digital Journey Experience di seluruh bandara AP II.

Setelah penandatangan MoU tersebut dilakukan, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin juga membagikan pengalamannya dalam program CEO’s Talk di Aula Magister Manajemen UNPAD dengan tajuk, “LEADING BEYOND AIRPORT: The Road to Smart Connected Airport Operator in The Region”, bagaimana mengelola korporasi dengan transformasi digital dan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek pengelolaan operasi bandara.