Berita


infonusantara.co.id, Taput – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi  Kepala Bappeda Indra Simare-mare,  Kadis Pariwisata Binhot Aritonang, Kadis Kominfo Polmudi Sagala,  Kadis Perhubungan  Erikson Siagian, Kadis Lindup dan Kehutanan Benhur Simamora,  Kabag Umum  Sasma Situmorang dan Kabag Humas Donna Situmeang menghadiri Rapat Pembahasan Persiapan Bandara Silangit  taraf Internasional bertempat di Kantor sementara BOKPDT Jl. RS Hadji Medan. Rapat tersebut dimulai pemaparan oleh Dirut Badan Pelaksana BOKPDT Arie Setyo tentang kebutuhan dan peluang-peluang yang terbuka setelah Bandara bertaraf Internasional.  

Bupati Drs. Nikson Nababan menyatakan potensi pengembangan Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional sangat berpeluang besar serta didukung oleh tersedianya lahan yang luas. “Pembangunan Universitas Negeri adalah salah satu pendukung dalam peningkatan pengunjung datang ke Kawasan Danau Toba yang kita sebut merupakan pengunjung tanpa paksaan. Pemkab Taput mengusulkan konsep ‘One Vilage One Product’ dimana akan menghindari tumpang tindih yang mengakibatkan tarik menarik diantara Pemkab kawasan Danau Toba,” ucap Drs. Nikson Nababan.

“Saya berharap Taput menjadi Pintu masuk ke Danau Toba melalui Bandara Silangit dan Muara dan bersedia membantu demi kelancaran menuju Bandara Internasional. Terkait pembebasan lahan masyarakat harus dilakukan dengan konsep Ganti Untung,” akhir sambutan Bupati Drs. Nikson Nababan.

 

Pemprovsu yang diwakili Binsar Situmorang menyebutkan agar di dalam Perda Tata Ruang menyebutkan status ‘menuju Bandara Internasional’ dan agar Pemkab Taput lebih selektif dalam pembebasan lahan kepada investor sehingga dapat menguntungkan masyarakat sampai jangka panjang. Selanjutnya GM KNO AP II Iwan Krishadianto menyatakan yakin dengan dukungan Bupati Nikson kelengkapan Bandara yang merupakan syarat menuju Bandara Internasional dapat dipenuhi dalam waktu cepat ini sehingga cita-cita kita bersama. Beberapa point yang menjadi kesepakatan adalah semua instansi terkait setuju dan mendukung atas rencana bandara Internasional, pembangunan luas terminal dan peningkatan ‘run away’ dan persiapan beberapa administrasi. (Amin)