Berita


jpnn.com - Prestise Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK) Tangerang di dunia internasional semakin melambung. Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II itu mencapai dua sukses sekaligus.

Pertama, Bandara Soetta sukses menembus peringkat 44 besar dunia versi Skytrax World Airport Award 2017. Capaian itu melonjak dari angka 63 pada tahun lalu.

“Kami melompat 19 poin, capaian terbaik selama ini. Kami sebenarnya hanya menargetkan masuk di 50 besar dunia. Terima kasih atas support dari seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Pak Arief Yahya dan seluruh jajaran Kemenpar RI,” jelas Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, Rabu (15/3).

Sedangkan sukses kedua adalah keberhasilan Bandara Soetta menyabet penghargaan The World Most Improved Airport 2017, sebuah penghargaan prestisius berdasarkan The Skytrax World Airport Survey. Penghargaan itu sudah melalui proses panjang dan detail dengan membandingkan 550 bandara di seluruh dunia.

Proses surveinya dilakukan sangat independen. Yang disurvei adalah percepatan pembangunan fasilitas bandara dan kualitas pelayanan berstandar global.

“Kami berterima kasih pada seluruh masyarakat yang rela menyisihkan waktu khusus untuk mengisi quasionnaires yang sangat detail, hingga 50 pertanyaan itu. Kalau bukan karena cinta Merah Putih, bangga dengan Soekarno Hatta Airport, bandara andalan Indonesia, sepertinya sulit terjadi,” sambung Awaluddin.

Penilaian itu didasarkan pada 13,82 juta lembar jawaban hasil survei secara online yang diisi oleh travellers dari 105 negara selama kurun waktu Juli 2016 sampai Februari 2017 terhadap 550 bandara internasional. Penilaiannya meliputi kualitas layanan check in, kedatangan, transfers, shopping, keamanan, imigrasi, sampai depan pintu keberangkatan.

Nah, sementara international flight di Bandara Soetta masih di Terminal 2. Meski demikian kabar itu ikut membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya merasa ikut senang.