Berita

08 Feb 2017

Tengah tahun 2017 ini, Bandara Soekarno-Hatta akan makin cantik. Akses di dalam bandara, terutama antar terminal dipastikan akan lebih lancar karena akan dioperasikannya skytrain atau Automated People Mover System (APMS) secara gratis. artinya, penumpang tidak harus membayar untuk mendapatkan pelayanan kereta layang ini. Jika anda pernah berkunjung ke Bandara Changi, Singapura dan melihat kereta berputar-putar di atas tiang-tiang tinggi, bergerak antar terminal, kira-kira begitulah nanti skytrain yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

07 Feb 2017

Tangerang, Katakota.com- Walikota Tangerang mendukung upaya pengembangan sarana dan prasarana Bandara Soekarno Hatta yang berkualitas dan lebih baik. Terlebih pengembangan yang berwawasan lingkungan sejalan dengan predikat Adipura Kencana yang diraih Kota Tangerang

06 Feb 2017

Airmagz.com, Jakarta – Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami listrik padam selama saru jam pada Minggu (5/2) malam. Meski listrik mati, Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Suriawan Wakan mengatakan, hal itu tak mengganggu jadwal penerbangan dan operasional.

06 Feb 2017

PT Angkasa Pura II Persero menyiapkan anggaran Rp 350 miliar untuk mengembangkan Bandara Silangit di Sumatera Utara secara bertahap tahun ini. Langkah tersebut untuk mendu­kung program pariwisata pemer­intah yang menetapkan kawasan pariwisata Danau Toba, menjadi salah satu dari 10 proyek pri­oritas sektor pariwisata yang dikembangkan. Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pemanfatan dana pengembangan tersebut akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan selesai pada akhir 2017. Pengembangan antara lain perluasan area terminal dari 500 meter menjadi 1.700 meter hing­ga pelebaran landasan pacu. Den­gan pengembangan ini, nantinya Bandara Silangit mampu me­nampung 500 ribu penumpang dari yang saat ini baru sebesar 15.000 penumpang. "Diharapkan selesai akhir Maret, April 2017 sudah bisa beroperasi terminal baru," kata Awaluddin di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, akhir pekan, kemarin. Selain itu, lanjut Awalud­din, dilakukan juga pengerasan dan pelebaran landasan pacu pesawat (runway) sebanyak dua tahap. Pada tahap pertama, pengerasan ditambah 10 cm yang selesai pada April 2017. Pengerasan tahap kedua, kata dia, akan dilakukan penamba­han ketebalan runway 10 cm yang ditargetkan selesai pada September 2017. AP II juga akan memperluas apron dan memperpanjang landasan pacu dari 2.400 meter menjadi 2.650 meter dengan lebar 45 meter. "Biaya total sekitar Rp 350 miliar, buat yang tadi yah, per­luasan terminal dan pengerasan kemudian penambahan panjang lintasan dan pelebaran runway," katanya. Dengan pengembangan yang dilakukan AP II pada Bandara Silangit. Awaluddin menga­takan, seluruh jenis pesawat termasuk Boeing 737-800 bisa mendarat. "Sekarang sudah variasi, ATR, bombardier, cuma yang paling besar 737-500, jadi nanti setelah pengembangan bisa sampai 737-800 bisa," ungkapnya. Selain Bandara Silangit, AP II juga tengah menyiapkan terminal baru di beberapa ban­dara lain yang mereka kelola. Bandara yang beroperasi den­gan terminal baru itu adalah Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, Ban­dara Supadio di Pontianak, serta Bandara Soekarno-Hatta yakni Terminal 3 khusus penerbangan internasional. Dengan pengoperasian Ter­minal baru di lima bandara tersebut, Awaluddin optimistis dapat menarik sebanyak 4 juta wisatawan mancanegara atau meningkat dari tahun lalu seban­yak 3,4 juta wisman. "Terminal baru dengan ka­pasitas penumpang yang men­ingkat serta luas yang jauh lebih besar akan mendukung perseroan dalam melakukan ekspansi tahun ini, khususnya dalam bisnis nonaeronautikal," tegas Awaluddin.[rgu/rmol]   

06 Feb 2017

Jakarta (Pelita Batak): Pemerintah melalui PT. Angkasa Pura II Persero tahun ini akan melakukan perluasan area terminal dan landasan pacu  Bandara Silangit di Tapanuli Utara. Pengembangan yang ditargetkan selesai Oktober 2017 ini menjadikan Bandara Silangit memiliki daya tampung hingga 500 ribu penumpang dan  dapat didarati semua jenis pesawat, termasuk Boeing 737-800. Untuk mewujudkannya, PT. AP II telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 350 miliar yang akan digunakan secara bertahap.

03 Feb 2017

INDOPOS.CO.ID - PT Angkasa Pura II (Persero) kembali mencatat kinerja positif dengan membukukan peningkatan pendapatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

03 Feb 2017

Metrotvnews.com, Jakarta: Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan berkompetisi dengan bandara-bandara lain di dunia dalam ajang‎ Skytrax World Airport Awards 2017‎. Ajang ini merupakan salah satu penghargaan prestisius di industri penerbangan internasional yang diselenggarakan tiap tahun. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan,‎ pada 2016 lalu, Skytrax menetapkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil meraih posisi ke-63 dalam The World’s Top 100 Airports. Pada tahun ini, salah satu bandara terbaik Indonesia itu ditargetkan merangsek masuk dalam jajaran 50 besar.

02 Feb 2017

KEMEWAHAN serta kemegahan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng dinilai layak untuk menyaingi bandara di negara lain.

01 Feb 2017

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (AP II) menyalurkan bantuan program Bina Lingkungan kepada masyarakat di sekitar Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Depati Amir (Pangkalpinang), dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta). Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, bantuan program Bina Lingkungan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial AP II dan bagian dari perwujudan perseroan untuk memberikan kembali kepada masyarakat atau giving back to community atas keberhasilan yang dicapai oleh bandara-bandara di bawah lingkunan perusahaan. "Adanya AP II di wilayah operasional kami termasuk Jakarta, Padang, dan Pangkalpinang, tidak lepas dari dukungan masyarakat serta pemerintah daerah setempat," kata Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (1/2/2017). Bantuan senilai Rp1,02 miliar diberikan ke Bandara Minangkabau yang secara simbolis diserahkan oleh Presdir AP II Muhammad Awaluddin berupa bangunan Musholla SDN 21 dan SDN 27 di Kataping, ruang PAUD Abdurrahman dan bantuan 4 unit motor sampah di Koto Tangah, serta bantuan mobil perpustakaan keliling untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang.  Sementara itu, Director of Finance AP II Andra Y. Agussalam menyerahkan bantuan di Bandara Depati Amir senilai Rp998,47 juta berupa 1 unit gedung serbaguna dan 3 ruang kelas TK di Bangka Tengah, 1 unit toilet sekolah di YPAC Kota Pangkalpinang, MCK di Desa Mesu Timur dan Desa Cambai Induk, 2 titik air bersih di Bangka Tengah dan 1 titik air bersih di Kelurahan Bacang, 4 unit motor sampah, dan mobil perpustakaan keliling untuk Kota Pangkalpinang.  Adapun di Bandara Halim Perdanakusuma bantuan yang disalurkan berupa mobil ambulance PMI, mobil perpustakaan keliling, renovasi musholla di Kecamatan Makassar, revitalisasi sasana krida Karang Taruna Kelurahan Pinang Ranti, pembangunan ruang inklusi SMAN 54, serta 3 unit perahu karet di mana total nilai seluruh bantuan tersebut senilai Rp1,66 miliar yang secara simbolis diserahkan oleh Director of Airport Services dan Facility AP II Ituk Herarindri.  "Kami berkomitmen untuk secara berkelanjutan setiap tahunnya menyalurkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan untuk pemberdayaan masyarakat serta memberikan nilai tambah kepada masyarakat di mana AP II berada," jelas Awaluddin.  Angkasa Pura II saat ini mengelola 13 bandara di bagian Barat Indonesia, di mana setiap tahunnya perseroan berkomitmen untuk menyalurkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di seluruh wilayah operasional perusahaan.   

26 Jan 2017

TANGERANG, KOMPAS.com - Peraih juara dunia atraksi barongsai asal Indonesia, komunitas Kong Ha Hong, menghibur calon penumpang dengan tampil di area check in Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (26/1/2017) sore.