Siaran Pers


TANGERANG, 20 April 2017 – PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan inovasi pelayanan bandara dalam mendukung program Smart Airport dengan mengoperasikan layanan baru yaitu layanan parkir inap kendaraan dengan memanfaatkan teknologi berbasis online untuk memudahkan pengguna jasa dalam memesan parkir inap (booking-in-advance) sebelum tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dengan luas area 10.000 m2 parkir inap baru yang terletak di wilayah barat (West Parking Area) di depan Stasiun Kereta Bandara dan Terminal 2 ini mampu menampung kapasitas kendaraan hingga 402 mobil dengan waktu operasional parkir setiap harinya selama 24 jam.

Tarif parkir inap untuk di wilayah barat Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikenakan kepada pengguna jasa untuk 4 Jam pertama adalah sebesar Rp 30.000,- yang kemudian berikutnya akan dikenakan tarif progresif untuk penambahan jam parkir setiap 1 Jam yaitu sebesar Rp 6.000,- dengan mekanisme sistem pembayaran melalui E-Payment yang sudah dapat dilakukan pada sejumlah bank antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA.

Selain itu sejumlah fasilitas baru juga disediakan untuk menambahkan kenyamanan pengguna jasa yaitu diantaranya Mobil Antar Jemput (Shuttle Car) yang akan mengantrakan langsung sampai ke mobil penumpang, toilet, musholla, dan fasilitas Automatic Car Wash.

Pembangunan parkir inap ini merupakan hasil sinergi anak perusahaan baru AP II yaitu dimana dalam pembangunan infrastruktur fisiknya dikerjakan oleh PT Angkasa Pura Propertindo sementara untuk kegiatan operasionalnya dikelola oleh PT Angkasa Pura Solusi dengan nilai investasi secara keseluruhan sebesar Rp 15.000.000.000,-.

Saat ini PT Angkasa Pura II (Persero) memiliki tiga anak perusahaan yakni PT Angkasa Pura Solusi (APS), PT Angkasa Pura Propertindo (APP), dan PT Angkasa Pura Kargo (APK) yang tengah melakukan sejumlah program di tahun 2017 diantaranya yakni APP akan memulai proses pembangunan hotel di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Kualanamu, kemudian APK yang akan mengembangkan Cargo Village dan pengelolaan pergudangan kargo di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan APS yang fokus pada bisnis information communication & technology.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, “Kami sangat bersemangat untuk terus mendorong bandara-bandara dibawah AP II menjadi Smart Airport dengan menghadirkan inovasi layanan-layanan lainnya. Dengan hadirnya layanan baru ini, sekaligus momentum bersiapnya AP II dalam menyambut perpindahan penerbangan internasional dari Terminal 2 ke Terminal 3 pada tanggal 1 Mei 2017 sehingga penambahan kapasitas parkir inap di wilayah barat ini menjadi relevan karena akan mampu melayani pengguna jasa lebih nyaman, mudah dan aman bagi yang memiliki mobilitas tinggi untuk menitipkan kendaraannya di bandara.”

Saat ini sistem reservasi parkir inap secara online dapat digunakan melalui aplikasi dalam versi Android yaitu “Parkir Inap Angkasa Pura II” yang dapat diunduh melalui Google Play yang kemudian akan tersedia untuk versi iOS di Apple Store. Pengembangan layanan parkir inap beserta aplikasinya pada fase berikutnya akan diintregrasikan dengan Indonesia Airports apps dan akan dilengkapi dengan sejumlah penambahan fungsi antara lain yaitu full book via mobile apps dan parking’s sensor yang memungkinkan pengguna jasa untuk memilih posisi lot parkir saat melakukan reservasi di smartphone.

AP II merencanakan untuk sistem parkir inap dan aplikasi ini dapat diaplikasikan secara menyeluruh di Bandara Internasional Soekarno-Hatta serta bandara-bandara lainnya yang dikelola oleh korporasi di wilayah Barat Indonesia.