Siaran Pers


TANGERANG – Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional tanggal 20 April 2018, PT Angkasa Pura II (Persero) menyelenggarakan kampanye “Pekan Perlindungan Konsumen Nasional”. Kegiatan ini secara serempak dilaksanakan di seluruh bandara yang dikelola AP II dengan mengusung pendekatan 3S + 1C (safety, security, service, compliance). Maksud dari pendekatan tersebut adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan mengutamakan keselamatan, keamanan, pelayanan, yang dilaksanakan dengan penuh kepatuhan pada peraturan-peraturan kebandarudaraan.

Dalam kampanye yang berlangsung hingga 25 April 2018, AP II secara aktif menginformasikan pentingnya kesadaran akan perlindungan hak-hak konsumen, khususnya konsumen bandar udara. Dalam hal ini, seluruh kanal media informasi yang dimiliki AP II akan mengkampanyekan program perlindungan konsumen yang telah dijalankan oleh perusahaan.

Disamping itu, pelaksanaan kampanye “Pekan Perlindungan Konsumen Nasional” merupakan bentuk partisipasi nyata perusahaan dalam mendukung program pemerintah yang dicanangkan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dimana kampanye tersebut memiliki 5 agenda besar yang akan dilaksanakan yakni:

  1. Bela Konsumen Indonesia, merupakan program edukasi konsumen melalui kerjasama dengan 50 Perguruan Tinggi.
  2. Konsumen Bernyali, bulan pengaduan serta pelaksanaan kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan 50 Perguruan Tinggi.
  3. Peduli Konsumen Dari Dunia Usaha, kegiatan peduli konsumen oleh dunia usaha.
  4. Pesan Bagi Bangsa, penyelenggaraan sosialisasi perlindungan konsumen melalui Duta Konsumen.
  5. Jejak Langkah Perlindungan Konsumen, rangkaian kegiatan marching band yang dilaksanakan di car free day dengan bertemakan perlindungan konsumen.

Director of Airport Service and Facility PT Angkasa Pura II (Persero), Ituk Herarindri menjelaskan, ”Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan, tentunya AP II perlu memperhatikan hak-hak yang dimiliki oleh konsumen. Momen peringatan Hari Konsumen Nasional ini juga menjadi momen untuk kembali menunjukkan komitmen kami untuk selalu berupaya  menghadirkan pelayanan terbaik. Disamping itu, momen ini juga akan dimanfaatkan sebagai momen edukasi kepada para konsumen terkait hak-hak yang mereka peroleh dalam pelayanan bandara”.

Dalam upaya mensukseskan kegiatan kampanye tersebut, AP II juga turut memaksimalkan saluran-saluran komunikasi guna mengkampanyekan Pekan Perlindungan Konsumen Nasional, baik saluran komunikasi yang berada di Terminal Bandara, media sosial serta call center Airport 138.

Selain itu, AP II juga berkolaborasi dengan BPKN terkait sosialisasi call center 153-BPKN sebagai channel komunikasi pelayanan untuk konsumen. Lebih lanjut, komunitas bandara serta seluruh stakeholder juga diharapkan dapat memberikan dukungannya dalam upaya peningkatan kesadaran akan hak konsumen serta berperan aktif dalam melindungi hak-hak konsumen tersebut.