Siaran Pers


Tangerang - PT Angkasa Pura II (Persero) telah resmi melengkapi Terminal Operation Center (TOC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. TOC yang berlokasi di terminal 2 resmi dioperasikan pada tanggal 20 September lalu, merupakan pelengkap TOC yang telah beroperasi sebelumnya di terminal 1 dan terminal 3. 

President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, “Pengoperasian TOC di terminal 2 merupakan wujud komitmen manajemen Angkasa Pura II untuk terus berinovasi dalam mengembangkan digital airport serta memberikan pelayanan prima bagi para pengguna jasa”. Kehadiran TOC di terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat disebut layaknya mata dewa, karena terdapat 3 hal vital yang dapat dilakukannya untuk membantu manajemen dalam pengoperasian dan pengelolaan sistem di terminal yaitu quick response, early warning system detection, serta operating effectiveness yang didukung kurang lebih 1900 CCTV di seluruh area Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Lengkapnya kehadiran TOC di seluruh terminal  menandakan bahwa Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah memiliki fondasi platform operasi bandara untuk Airport Operation Management System yang kuat karena didukung dengan state-of-the art technology implementation. Platform operasi ini sangat dibutuhkan untuk memastikan dan mendukung kompleksitas seluruh kegiatan operasi dan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjalan dengan baik dan lancar. Adapun saat ini CGK menjadi bandara yg melayani penumpang terbanyak di Indonesia serta memiliki konektivitas tertinggi nomor 2 di Asia Pasifik dan pada tahun 2018 ini diestimasikan akan melayani sebanyak 67 Juta penumpang.

Pengoperasian seluruh TOC di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menjadi supporting unit bagi kecepatan operasi di AOCC (Airport Operation Control Center) CGK yang saat ini sedang dalam persiapan full operation.