Siaran Pers


TANGERANG –- PT Angkasa Pura II (Persero) selama libur panjang Paskah 2018 telah melayani 1.299.515 juta penumpang di seluruh bandara yang dikelola. Jumlah tersebut mengalami kenaikan lebih dari 10,8 % dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 1.171.903 juta penumpang. Peningkatan ini didorong oleh masa libur paskah yang cukup panjang yakni sejak tanggal 30 Maret hingga 1 April 2018, sehingga menimbulkan animo bepergian masyarakat yang cukup tinggi.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menuturkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi tingginya animo masyarakat untuk bepergian pada long weekend Paskah ini, mengingat di tahun 2018 Angkasa Pura II sudah mengoperasikan 15 bandara, sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal bagi seluruh pengguna jasa bandara yang dikelola Angkasa Pura II.

Adapun jumlah penumpang terbesar berasal dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara utama Angkasa Pura II dengan jumlah penumpang sekitar 776,630 penumpang atau mengalami kenaikan sekitar 13% dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai 685,975 penumpang dengan tujuan favorit ke Surabaya, Yogyakarta, Denpasar dan Kualanamu. 

Sementara itu, untuk pergerakan pesawat mengalami peningkatan kurang lebih 11,6 % menjadi 9.738 pergerakan di tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu sekitar 8.729 pergerakan.

Awaluddin menambahkan, bahwa sudah menjadi tanggung jawab Angkasa Pura II untuk memberikan pelayanan terbaik. "Pelayanan tidak hanya menyangkut peningkatan fasilitas namun juga perlu dari sisi kemananan dan kenyamanan”, tutup Awaluddin.

Dalam rangka memaksimalkan pelayanan bagi pengguna jasa yang berdomisili di wilayah Jawa Barat, Angkasa Pura II telah menjalin KSO (Kerja Sama Operasi) dengan PT BIJB (Bandar Udara Internasional Jawa Barat) pada 22 Januari 2018 untuk mengelola Bandara Kertajati, yang merupakan bandara ke-15 yang dioperasikan oleh Angkasa Pura II. Bandara Kertajati ditargetkan akan softlaunching pada Mei 2018 dan ke depannya akan dipersiapkan untuk dapat melayani penerbangan haji.