Siaran Pers


Tangerang, 17 Oktober 2018 – PT Angkasa Pura II (Persero) bersama dengan PT Oona Media Indonesia (OONA), hari ini melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dalam rangka peluncuran layanan aplikasi OONA pada aplikasi mobile Indonesia Airports milik Angkasa Pura II. Melalui kolaborasi ini, ratusan ribu pengguna aplikasi mobile Indonesia Airports dapat menikmati konten hiburan dan informasi dari layanan aplikasi mobile OONA, yang tentunya akan memberikan pengalaman digital unik dan berbeda bagi pengguna aplikasi Indonesia Airport.

OONA yang merupakan anak usaha dari PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) bermitra dengan PT Metranet, bagian dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), saat ini telah mempunyai lebih dari 1 juta pengguna sejak mulai beroperasi di Indonesia pada bulan Mei 2018. Sementara itu, aplikasi mobile Indonesia Airports milik Angkasa Pura II yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu merupakan salah satu upaya Angkasa Pura II meningkatkan pengalaman perjalanan seluruh wisatawan di 15 bandara yang dikelola oleh korporasi. Beberapa fitur yang telah ditawarkan oleh Indonesian Airports antara lain Online Check-in, Flight Information, Transportation Info (Taxi, Skytrain, Shuttle Bus), dan berbagai fitur lain untuk mempermudah pengguna.

Noerman Taufik, Direktur Utama PT Oona Media Indonesia (OONA) mengatakan, “Kerjasama ini merupakan salah satu langkah kami dalam memberikan pengalaman digital yang berbeda dalam bepergian, yaitu memberikan akses hiburan dan informasi secara Free, Fun, dan tentunya Rewarding. Pengguna, khususnya wisatawan akan mendapatkan pengalaman ini melalui integrasi dengan aplikasi mobile Indonesia Airports.”

Muhammad Awaluddin, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan “Kerjasama dalam rangka Pengembangan Penyediaan Layanan Konten Hiburan dan Informasi pada Platform Digital dengan Oona ini diharapkan mampu menambah fasilitas layanan bagi pengguna aplikasi Indonesia Airport melalui pengalaman digital sembari menunggu boarding time.

Layanan yang diberikan melalui kolaborasi ini merupakan kategori baru yang dihadirkan oleh aplikasi mobile Indonesia Airports yakni layanan konten hiburan dan informasi yang dapat dinikmati oleh para pengunjung bandara. OONA menawarkan tayangan TV lokal maupun internasional, serta konten-konten Video-on-Demand (VOD) yang dapat dinikmati secara gratis. OONA menghadirkan cara baru menonton tayangan televisi bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial yang memiliki mobilitas tinggi, selalu ingin terhubung dengan informasi terbaru, terus eksis dalam bersosialisasi digital, dan senantiasa mengandalkan dukungan teknologi untuk setiap aktivitas serta produktivitasnya.

Noerman menambahkan, “Ditambah lagi, kerjasama ini merupakan salah satu upaya kami dalam menjangkau pengguna bandar udara di seluruh Indonesia yang jumlahnya sekitar 100 juta penumpang per tahun. Aplikasi mobile Indonesia Airports dan OONA akan terus berkolaborasi untuk memaksimalkan potensi yang ada dan terus berinovasi bersama untuk menjangkau sebanyak-banyaknya pengguna khususnya dalam hal menyediakan layanan digital yang ada di area bandara di Indonesia.”

Selain kerjasama integrasi interface, pasca penandatanganan MOU akan dilakukan juga pengembangan kerjasama lainnya seperti launching tayangan Angkasa Pura II Channel yang dapat dinikmati di aplikasi mobile OONA, salah satunya berupa konten Jadwal atau Info Penerbangan. Kerjasama lainnya juga akan dilakukan dengan para merchant di Bandara untuk penukaran tcoins, poin reward dari OONA.

PT Angkasa Pura II juga telah mengimplementasikan beberapa konsep smart airport untuk proses on journey dan juga post journey pada aplikasi Indonesia Airports dimana penumpang dapat melihat detail penerbangan mereka berikut dimana gate keberangkatannya dan juga penumpang dapat mem-book tiket taksi serta dapat melihat jadwal bus, skytrain, shuttle bus, memesan layanan parkir inap. Kedepannya jadwal layanan kereta bandara juga akan menjadi fitur yang ada pada aplikasi Indonesia Airports.

Tcoins merupakan poin reward bagi pengguna OONA setiap kali menonton tayangan iklan yang menyertai siaran TV atau VOD yang dipilihnya. tcoins juga dapat diraih dengan mengundang teman atau kerabat untuk turut mengunduh melalui akun media sosial atau aplikasi pesan, atau dengan melakukan perbincangan bersama pengguna lain tentang sebuah tayangan di Chat Room yang tersedia. Selanjutnya, tcoins dapat ditukarkan dengan kupon potongan harga di berbagai merchants. Kerjasama ini dapat mendorong traffic bagi para pengunjung bandara untuk terus mengumpulkan tcoins sebanyak-banyaknya agar dapat melakukan redeem voucher di berbagai merchant bandara yang tersedia di aplikasi mobile OONA.