Siaran Pers


TANGERANG - PT Angkasa Pura II (Persero) pada hari ini menggelar apel kesiapan operasional Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta menjelang penerbangan perdana rute luar negeri Garuda Indonesia mulai besok, 1 Mei 2017.

Apel yang diikuti oleh sekitar 150 orang yang berasal dari berbagai pemangku kepentingan itu digelar di area check-in Terminal 3 Internasional, di antara Check-in Island A dan B. Digelarnya apel ini juga menunjukkan kesiapan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Soekarno-Hatta khususnya Terminal 3 untuk mengoperasikan penerbangan internasional.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, “Kami meminta seluruh jajaran, baik itu AP II, maskapai Garuda Indonesia, tenant, ground handling, dan pihak-pihak lainnya untuk siap memulai penerbangan internasional di Terminal 3 besok. Saat ini kesiapan main building untuk Terminal 3 Internasional sudah mencapai 100% dan kami optimistis penerbangan besok akan berjalan lancar,” jelasnya.

“AP II berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pihak yang mendukung khususnya Kementerian Perhubungan dalam ini Direktorat Jendral Perhubungan Udara serta Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Bandara Soekarno-Hatta, sehingga Terminal 3 Internasional dapat melayani penerbangan internasional. Terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh stakeholder yang fokus selama persiapan sehingga Terminal 3 dapat mulai melayani penerbangan internasional,” ujar Muhammad Awaluddin.

Pada 1 Mei 2017 atau saat penerbangan perdana rute internasional di Terminal 3 besok, Garuda Indonesia akan mengoperasikan sebanyak 63 penerbangan internasional dengan sejumlah tujuan yang diawali dengan penerbangan keberangkatan GA 824 rute Jakarta – Singapura pada pukul 06:10 WIB dan penerbangan kedatangan GA 823 rute Singapura – Jakarta pada pukul 08:15 WIB.

Terminal 3 Internasional pada tahap awal ini akan melayani penerbangan internasional Garuda Indonesia dengan jumlah boarding gate yang tersedia sebanyak 6 gate (gate 5, gate 6, gate 7, gate 8, gate 9, dan gate 10) dan ke depannya jumlah boarding gate ketika Terminal 3 Internasional sudah beroperasi penuh akan menjadi sebanyak 14 gate.

Selain itu, Terminal 3 Internasional memiliki parking stand untuk pesawat wide body sebanyak 14 parking stand dan untuk pesawat narrow body sebanyak 11 parking stand, sehingga kapasitas parkir secara keseluruhan adalah 25 parking stand, termasuk diantaranya 3 parking stand khusus untuk pesawat Boeing A380. Terminal 3 Internasional juga mengaplikasikan Video Docking Guidance System (VDGS) di area apron untuk memaksimalkan operasional dalam hal memudahkan dan memandu secara otomatis pesawat saat masuk ke area parkir pesawat serta memastikan pencatatan data status pesawat yang akan masuk dan keluar dari apron.

Di area Terminal 3 Internasional juga terdapat gedung parkir untuk parkir reguler yang dapat menampung sekitar 1.200 kendaraan pribadi. Untuk tahap awal ini, para pengguna parkir akan dibebaskan biaya parkir selama seminggu sebagai bentuk familiarisasi terhadap gedung parkir Terminal 3 Internasional. Adapun untuk parkir inap, tersedia 2 area parkir inap yaitu parkir inap timur dan parkir inap barat yang berlokasi di area perkantoran yang berada di tengah kawasan bandara di mana penumpang pesawat yang ingin menginapkan kendaraannya dapat melakukan reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi smartphone “Parkir Inap CGK” yang dapat diunduh melalui Google Play.