Siaran Pers


PT Angkasa Pura II (Persero) siap melayani penumpang di 13 bandara yang dikelola perusahaan pada masa angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menuturkan bahwa persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya tidak ada yang berbeda, hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini memang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hal ini dilakukan APII sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandar udara.

“Sepanjang 2017, beberapa bandara sudah mengoperasikan terminal baru seperti Terminal 3 rute internasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, terminal baru Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, terminal baru Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, terminal baru Bandara Internasional Supadio Pontianak, dan yang terakhir terminal baru Bandara Internasional Silangit Tapanuli Utara yang baru diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 24 November lalu. Dengan pengoperasian terminal baru, kapasitas bertambah besar dan jauh lebih nyaman,” pungkas Awaluddin.

Adanya terminal baru yang dioperasikan tersebut, dapat dipastikan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang di 13 bandara AP II selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2018. Awaluddin memprediksikan, jumlah penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang berlangsung mulai 22 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018, akan meningkat sekitar 11% menjadi 7,46 juta penumpang dibandingkan periode sama tahun lalu sekitar 6,79 juta penumpang dimana pada tahun 2017 pergerakan akan diprediksi menembus angka 100 juta pergerakan. Sedangkan pergerakan pesawat diperkirakan meningkat 3% dibandingkan tahun lalu sekitar 47.677 pergerakan menjadi 49.107 pergerakan. 

“Lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara keberangkatan dengan bandara tujuan untuk rute domestik yakni Medan (Kualanamu), Denpasar, Surabaya, Makassar dan Jogja. Sedangkan untuk rute internasional Singapore, Kualalumpur, Hongkong, Dubai dan Bangkok,” terang Awaluddin.

 Sementara itu pada Angkutan Natal Tahun periode 18 Desember 2017 sampai dengan 8 Januari 2018 ini diperkirakan akan ada tambahan penerbangan atau extra flight sebanyak total 1158 penerbangan yang terdiri dari 1134 domestik dan 24 penerbangan internasional. Untuk perkirakan arus puncak diperkirakan terjadi pada 23 Desember 2017 dan arus balik bertepatan pada Tahun Baru 1 Januari 2018. 

Demi kelancaran pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru, AP II membuka posko Nataru di 13 cabang bandaranya dan sebagai bandara terbesar serta tersibuk, Bandara Internasional Soekarno-Hatta membuka tiga posko yang masing-masing terletak di Terminal 1B depan VIP sebagai posko utama, Terminal 2F dan Terminal 3. Posko-posko ini dilengkapi dengan data traffic pergerakan penumpang di bandara, data extraflight, televisi untuk monitoring CCTV, serta untuk Video Conference yang digunakan untuk koordinasi bersama 12 bandara lain. Posko-posko ini akan membantu para penumpang, mendapatkan informasi terkait penerbangan.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya, AP II menghimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara.