Siaran Pers


TANGERANG – Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan melayani perdana penerbangan internasional rute Jakarta – Singapura oleh Garuda Indonesia GA 824 yang dijadwalkan berangkat pada tanggal 1 Mei 2017 pukul 06.10 WIB.

Seluruh penumpang GA 824 dapat langsung menuju Terminal 3 untuk memproses keberangkatan minimal 2 jam sebelum jadwal penerbangan tersebut. 

Adapun penerbangan itu sekaligus menandakan perpindahan seluruh penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 mulai 1 Mei 2017 dari sebelumnya di Terminal 2. Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan sedikitnya 17 penerbangan internasional langsung atau direct dari Bandara Soekarno-Hatta ke sejumlah negara di Asia, Australia, dan Eropa. 

Dapat diinformasikan bahwa area keberangkatan Terminal 3 Internasional dapat lebih dekat dijangkau oleh penumpang pesawat melalui Gate 1 dan Gate 2 untuk kemudian memproses keberangkatan di konter check-in island A dan B.

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo mengatakan, “Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat, Kementerian Perhubungan dan stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta sehingga pada 1 Mei 2017 penerbangan rute internasional dapat dilayani melalui Terminal 3 di mana tahap pertama ini khusus penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia. Dibukanya Terminal 3 untuk Internasional ini, dengan fasilitas modern yang ada di dalamnya, tentunya diharapkan dapat membuat Bandara Soekarno-Hatta semakin membantu pertumbuhan perekonomian dan perkembangan industri pariwisata Indonesia,” jelasnya. 

“Pada 1 Mei mendatang bangunan yang akan dioperasikan untuk penerbangan internasional ini baru sebatas main building saja atau bagian tengah bangunan, sementara untuk Pier 1 belum dioperasikan. Oleh karena itu, Gate yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru sebanyak 6 gate yakni Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. Kami menilai ini cukup karena baru Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan penerbangan internasional,” ujar Djoko Murjatmodjo. 

Terminal 3 Internasional juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti layar flight information display system dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi yang akan mulai difungsikan pertengahan Mei 2017, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan. 

Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat. 

Sejumlah tenant makanan dan minuman serta lainnya juga sudah membuka gerainya untuk melayani kebutuhan para penumpang pesawat rute internasional ini dan pengunjung terminal. 

Sementara itu di sisi udara, parking stand di Terminal 3 Internasional juga dapat mengakomodir 3 pesawat berbadan lebar atau wide body Airbus A380. 

Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P. Lampe mengatakan, "Dengan visi layanan berbasis Indonesian Hospitality Garuda Indonesia yang juga diselaraskan dengan visi AP II menjadikan terminal 3  sebagai “Gerbang Wisata Indonesia”, Garuda optimis kehadiran layanan terminal 3 internasional ini tidak hanya menjadi langkah konkrit pengembangan layanan infrastruktur dan transportasi berdaya saing global, namun juga menjadi milestone tersendiri bagi pengembangan aspek pariwisata nasional di mata dunia", tutup Nico.

Sementara itu, Direktur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono menyatakan pihaknya telah siap baik dari sisi fasilitas, SDM dan SOP untuk mendukung pengoperasian layanan navigasi penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Pada prinsipnya dari sisi operasional, Kantor Cabang Utama JATSC yang melayani navigasi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah siap, dikarenakan selama ini parking stand yang digunakan untuk penerbangan internasional sudah dipergunakan walaupun terbatas (belum menggunakan aviobridge),” jelas Wisnu Darjono.