Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)
Sebagai pengelola 19 bandar udara yang tersebar di Indonesia, PT Angkasa Pura II (Persero) menyadari bahwa bandar udara kini tidak hanya menjadi sebuah pintu gerbang memasuki wilayah Republik Indonesia. Bandar udara memiliki peran yang lebih luas sebagai pendorong dan penunjang kegiatan industri, perdagangan, pariwisata serta menjadi pintu masuk dan keluar kegiatan perekonomian.
Ditengah merebaknya pandemi Covid-19, PT Angkasa Pura II (Persero) telah melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 serta tindakan proteksi terhadap seluruh elemen kebandarudaraan.
Upaya-upaya tersebut terus dilakukan hingga kini di 19 bandara Angkasa Pura II. Berikut upaya pencegahan penyebaran Covid-19:
Mengaktifkan thermal scanner
Di terminal penumpang pesawat, PT Angkasa Pura II dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sudah mengoperasikan thermal scanner untuk memindai suhu tubuh penumpang pesawat. Jika ada penumpang pesawat dengan suhu di atas 38 derajat celcius maka layar di monitor terdeteksi berwarna merah dan akan dilakukan tindakan lebih lanjut oleh Tim KKP. Informasi lebih lengkap klik disini
Melengkapi personil dengan Thermo Gun
Kegunaan thermo gun sama dengan thermal scanner yakni untuk memindai suhu tubuh penumpang pesawat. Kelebihan thermo gun adalah bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa-bawa (mobile) oleh personil yang berkepentingan untuk pemeriksaan penumpang. Selengkapnya klik disini
Melakukan surveillance syndrome
Personil berkepentingan memantau dan meningkatkan pengawasan untuk menemukan ada atau tidaknya penumpang pesawat yang terjangkit virus Corona.
Menyediakan lebih banyak hand sanitizer di terminal penumpang pesawat
Perilaku hidup bersih dapat membantu mencegah terjangkitnya penumpang pesawat dari virus Corona. Oleh karena itu, PT Angkasa Pura II kini menyediakan lebih banyak lagi cairan pembersih tangan/hand sanitizer di terminal penumpang pesawat khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Selengkapnya klik disini
Membagikan masker secara berkala ke komunitas bandara
PT Angkasa Pura II bekerja sama dengan sejumlah instansi secara berkala membagi-bagikan masker kepada penumpang pesawat dan komunitas lainnya guna mencegah penyebaran virus Corona.
Melakukan simulasi penanganan penumpang pesawat yang terjangkit Corona
Simulasi dilakukan bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan, lengkap dengan berbagai peralatan standar untuk penanganan karantina dan sebagainya.
Pembentukan Komite Nasional Fasilitasi Udara (FAL Udara)
Pembentukan Komite FAL sesuai dengan Annex 9 ICAO guna meningkatkan koordinasi di antara stakeholder penerbangan guna mengambil langkah yang diperlukan dalam pencegahan penyebaran virus Corona. Selengkapnya klik disini
Diaktifkannya Posko Siaga Monitoring Waspada Wabah Coronavirus di Soekarno-Hatta
Posko diaktifkan di Soekarno-Hatta pada 31 Januari 2020, atau sehari setelah WHO menyatakan virus Corona sebagai Public Health Emergency. Posko dilengkapi berbagai peralatan medis, monitor CCTV yang memantau seluruh terminal penumpang, dan sistem teknologi terkini guna mempercepat respons dalam menanggulangi atau mencegah penyebaran virus Corona. Posko ini juga menjadi Posko Koordinasi antar stakeholder di bandara.
Menetapkan prosedur penanganan pesawat yang mengangkut penumpang terjangkit virus Corona
Selain upaya antisipasi, Bandara Soekarno-Hatta juga telah memiliki rencana kontingensi apabila terdapat penumpang pesawat yang terjangkit virus Corona.
Menghentikan penerbangan Indonesia - China dan sebaliknya
Pemerintah dan PT Angkasa Pura II menunda sementara seluruh penerbangan rute Indonesia - China dan sebaliknya terhitung mulai 5 Februari 2020 Pukul 00.00. Selengkapnya klik disini
Memastikan penumpang pesawat yang tiba mengisi Health Alert Card
PT Angkasa Pura II membantu KKP untuk memastikan form Health Alert Card diisi oleh setiap penumpang yang tiba di bandara. Kartu tersebut dibagikan oleh pihak KKP sebagai langkah pengawasan serta sebagai tanda bahwa penumpang telah melalui proses screening di bandara, disamping itu juga untuk meningkatkan kewaspadaan jika penumpang tersebut mengalami keluhan kesehatan dan berobat di luar bandara.
Membuka layanan Contact Center 138 terkait Covid-19
PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan layanan Contact Center Airport 138 guna menjadi pusat informasi terkini kepada masyarakat mengenai pengaruh Corona (Covid-19) terhadap perjalanan traveler, penerbangan dan layanan di 19 bandara yang dikelola perseroan. Selengkapnya klik disini
Prosedur pembatasan kedatangan traveler dari Iran, Italia dan Korea Selatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Pemerintah tidak melarang penerbangan atau kedatangan traveler dari Iran, Italia dan Korea Selatan. Namun, yang dilakukan pemerintah adalah melakukan pembatasan. WNA yang tiba dari 3 negara itu diizinkan masuk ke Indonesia jika memiliki sertifikat kesehatan yang harus mencantumkan minimal dua keterangan yaitu Fit to Travel dan Free from Respiratory Diseases. Bagi WNA yang tidak membawa sertifikat kesehatan maka dipastikan ditolak masuk ke Indonesia. Selengkapnya klik disini
Bandara-bandara PT Angkasa Pura II Terapkan Social Distancing Bagi Penumpang Pesawat
Implementasi social distancing dilakukan dengan mengoptimalkan ruang yang ada di terminal untuk menciptakan jarak yang dianjurkan bagi penumpang pesawat, khususnya di area-area tempat berkumpulnya penumpang pesawat. Selengkapnya klik disini
Bagasi Tercatat di Penerbangan Internasional Wajib Disemprot Cairan Disinfektan
PT Angkasa Pura II melakukan sterilisasi terhadap bagasi tercatat milik penumpang pesawat rute internasional yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Adapun bagasi tercatat dimaksud adalah koper/tas/barang bawaan penumpang yang dimasukkan ke lambung pesawat. Selengkapnya klik disini
Perbanyak area cuci tangan di bandara
Penambahan tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun cuci tangan itu antara lain dilakukan di area parkir kendaraan bermotor, area penjemputan, area tunggu pengunjung bandara, area dekat dengan titik pengambilan baggage trolley, dan area-area publik lainnya. Di samping itu, di dalam area terminal penumpang pesawat juga disediakan banyak titik hand sanitizer bagi para traveler atau pengunjung bandara. Selengkapnya klik disini
Penyemprotan cairan disinfektan di sisi udara dan darat bandara
Penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area terminal penumpang pesawat, area publik, lalu ke bagasi penumpang, serta dilakukan di sisi udara. Penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer dan menggunakan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida. Selengkapnya klik disini
Sediakan fasilitas Walk Through Disinfection bagi penumpang pesawat dan pekerja di bandara
PT Angkasa Pura II (Persero) menyediakan fasilitas walk through disinfection (WTD) di bandara-bandara yang dikelola perseroan guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Fasilitas WTD tersebut bekerja menyemprotkan cairan disinfektan ke penumpang pesawat dan pekerja bandara ketika mereka berjalan masuk ke dalam fasilitas tersebut. Selengkapnya klik disini
Membentuk posko penjagaan dan pemeriksaan di area keberangkatan yang dilengkapi dengan fasilitas protokol kesehatan
PT Angkasa Pura II (Persero) telah mengaktifkan posko penjagaan dan pemeriksaan yang dilengkapi dengan fasilitas protokol kesehatan guna mendukung kelancara operasional bandara dan penerbangan ditengah pandemik Covid-19. Hal ini sejalan dengan Surat Edaran no. 4/2020 yang diterbitkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 serta Surat Edaran Ditjen Perhubungan Udara no.31/2020. Pengaktifan posko ini akan terus berkoordinasi dengan stakeholder lainnya seperti TNI, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Pemerintah Daerah, Gugus Tugas Covid-19 daerah dan instansi terkait lainnya. Selengkapnya klik disini
PT Angkasa Pura II (Persero) mendukung penuh langkah-langkah Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Informasi terkini terkait upaya pencegahan serta penanggulangan pandemi Covid-19 dapat diperoleh dengan mengakses laman https://www.covid19.go.id/ dan https://covid19.angkasapura2.co.id/
PT Angkasa Pura II (Persero) juga menyiapkan layanan Contact Center Airport 138 guna menjadi pusat informasi terkini kepada masyarakat mengenai pengaruh Corona (COVID-19) terhadap perjalanan traveler, penerbangan dan layanan di 19 bandara yang dikelola perseroan. Selain itu pengguna jasa bandar udara juga dapat mengunduh aplikasi Indonesia Airports application di appstore maupun play store untuk selalu update informasi terkini terkait fasilitas dan layanan bandara yang dikelola Angkasa Pura II.