• Berita & Event
  • Jelang Natal dan Tahun Baru: Menhub Ramp Check di Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II Buka Posko Full Digitalisasi

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Jelang Natal dan Tahun Baru: Menhub Ramp Check di Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II Buka Posko Full Digitalisasi

12 Dec 2019

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini, Rabu 11 Desember 2019, mengecek kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru.

Di dalam kesempatan itu Menhub melakukan ramp check pesawat, didampingi Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf. Wisnu Kurniawan, Kapolres Soekarno-Hatta AKBP Adi Ferdian Saputra, dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. 

"Ramp check dilakukan secara random terhadap pesawat. Paling vital dalam ramp check ini adalah memeriksa roda  pesawat, selain itu juga pengatur kecepatan dan keseimbangan. Kami juga meminta agar seluruh maskapai melakukan self checking."

Adapun pada Periode Natal dan Tahun Baru di Soekarno-Hatta yang berlangsung pada 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, jumlah penumpang pesawat diproyeksikan mencapai 3,48 juta penumpang.

Sementara itu, pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 23.397 penerbangan.

Menhub mengatakan peningkatan 1% pada pergerakan pesawat Angkutan Nataru 2019/2020 di Soekarno-Hatta dibanding periode yang sama tahun lalu menandakan industri penerbangan semakin membaik.

"Saya gembira bahwa aircraft movement di Soekarno-Hatta sudah seperti dulu. Ada peningkatan 1% di pergerakan pesawat sudah baik karena [di bulan-bulan] sebelumnya negatif. Untuk penumpang pesawat kenaikan bisa sampai 5%," ujar Menhub.

Selain melakukan ramp check di sisi udara, Menhub juga melakukan inspeksi ke area Kedatangan dan Keberangkatan penumpang di Terminal 3.

Di tempat yang sama, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan memastikan operasional Bandara Soekarno-Hatta dapat berjalan lancar dengan standar pelayanan tinggi selama Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Ada 3 hal yang menjadi prioritas kami yaitu : Pertama : PEOPLE, ini tentang kecukupan personil dalam hal operasi mandatori kebandarudaraan. Kedua : PROCESS, kami memastikan bahwa seluruh standard operating procedure (SOP) antar stakeholder berjalan optimal dan ketentuan yang berlaku. Ketiga : FACILITIES, seluruh fasilitas dan infrastruktur operasi serta pelayanan akan kami perhatikan, terutama yang mandatori seperti misalnya aspek mechanical electrical facilities, airside, land side dan data network sehingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat sempurna melayani di seluruh customer touchpoint yang bersinggungan dengan operasi penumpang pesawat pada peak season Angkutan Natal dan Tahun Baru."

"Sampai hari ini, jumlah pengajuan penerbangan tambahan atau extra flight di Soekarno-Hatta sudah mencapai 1.031 penerbangan, dan angka ini masih dapat terus bertambah," ujar Muhammad Awaluddin.
Meski jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta meningkat pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini, penerbangan tetap diyakini akan berjalan lancar salah satunya karena rencana runway 3 yang dioperasikan dengan dimensi 3.000 x 60 meter pada 20 Desember 2019. 

Lebih lanjut, guna memantau seluruh aktivitas operasional dan pelayanan di Soekarno-Hatta pada peak season ini, untuk pertama kalinya PT Angkasa Pura II mendirikan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru dengan perlengkapan dan fasilitas full digitalisasi.

Posko yang didirikan di kawasan Terminal 1 itu dapat memberikan berbagai informasi penerbangan dan juga terkait fasilitas pelayanan bagi penumpang pesawat.

Sejumlah peralatan dan perlengkapan yang ada di posko tersebut antara lain digunakan untuk memantau CCTV, melakukan video conference, memantau pergerakan penumpang dan pesawar secara realtime, memantau agar standar pelayanan di berbagai fasilitas tetap terjaga, dan sebagainya.

"Full digitalisasi sudah diterapkan di Posko di kawasan Terminal 1. Posko ini selain memantau aktivitas di Soekarno-Hatta juga digunakan untuk berkoordinasi dengan posko Angkutan Natal dan Tahun Baru lainnya yang ada di bandara-bandara PT Angkasa Pura II," jelas Muhammad Awaluddin.

Adapun posko utama Angkutan Natal dan Tahun Baru adalah di Airport Operation Control Center [AOCC] yang merupakan tempat seluruh stakeholder berkoordinasi, mewujudkan Airport Collaborative Decision Making.