COVID019
Untuk informasi detail perkembangan dan kebijakan-kebijakan terkait dengan Covid-19 dapat diakses disini.
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • Sepekan PSBB DKI Jakarta & Jelang PSBB Tangerang Raya, Ini Update Layanan di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Sepekan PSBB DKI Jakarta & Jelang PSBB Tangerang Raya, Ini Update Layanan di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma

17 Apr 2020

Jakarta – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta telah diterapkan sekitar sepekan atau selama 10-17 April 2020.
 
Sebelum berlakunya PSBB DKI Jakarta, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Halim Perdanakusuma (Jakarta) terlebih dahulu melakukan sejumlah penyesuaian sehingga kedua bandara tersebut dapat tetap beroperasi lancar dan optimal selama sepekan berjalannya PSBB tersebut.
 
President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan kedua bandara tersebut hingga saat ini mampu menjaga konektivitas transportasi udara di Ibu Kota guna melayani berbagai penerbangan.
 
“Berbagai penyesuaian sudah dilakukan sebelumnya sehingga ketika PSBB berlaku di DKI Jakarta maka operasional berjalan lancar. Kedua bandara ini berperan cukup vital dalam menyangga sektor penerbangan nasional,” jelas Muhammad Awaluddin.
 
PT Angkasa Pura II juga optimistis kedua bandara ini dapat mempercepat penerapan penuh PSBB di Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan)  yang dimulai besok, Sabtu 18 April 2020. 
 
“Sebagai salah satu pusat aktivitas terbesar bagi warga Jabodetabek, Soekarno-Hatta bersama dengan Halim Perdanakusuma akan mempercepat penerapan PSBB secara penuh di Tangerang Raya. Kami menerapkan pembatasan sosial di kedua bandara tersebut sehingga terintegrasi dengan penerapan PSBB di DKI Jakarta dan Tangerang Raya,” ujar Muhammad Awaluddin. 
 
Secara umum, Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma sangat mendukung penerapan PSBB DKI Jakarta dan Tangerang Raya. 
 
Setelah sepekan berjalannya PSBB DKI Jakarta, dan menjelang berlakunya PSBB Tangerang Raya, berikut informasi terkait operasional dan pelayanan di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma:
 
 
Bandara Internasional Soekarno-Hatta
- Maskapai yang beroperasi berdasarkan data per 16 April 2020: 
Batik Air, Citilink Indonesia, Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, My Indo Airlines, Qatar Airways, K-Mile Air, China Airlines, EVA Air, Air China, Cathay Pacific Airways, Emirates, Federal Express, Trigana Air, Japan Airlines, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Singapore Airlines, Vietnam Airlines, Airfast Indonesia, Lanmei Airlines.
 
- Terminal yang beroperasi: Terminal 1A, Terminal 2D, Terminal 2E dan seluruh Terminal 3. 
 
- Transportasi Publik yang beroperasi: 
Bus: Damri, Primajasa, Hiba, Sinar Jaya dan Big Bird
Travel: Citi Trans, Jackal Holidays, X Trans, Lintas Shuttle, Primajasa Red White Star, SInar Shuttle, Damri
Taksi reguler: Blue Bird, Gamya, Express, Diamond, Borobudur, Primajasa, Greenline
Taksi Eksekutif: Silver Bird, Tiara Express
Rent Car & Online: Golden Bird, Ligat Utama Indonesia, Inkopau, Inkoppol, Inkopal, Mandar Indonesia, Gojek, Abhinaya, Diva Service, Grab.
 
- Kereta Bandara Soekarno-Hatta: Railink tidak mengoperasikan sementar waktu kereta bandara sejak 12 April 2020.
 
Adapun guna mendukung penerapan PSBB Tangerang Raya, mulai 15 April 2020 operasional Skytrain yang menghubungkan Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 dihentikan sementara. 
 
Selain itu, Transit Oriented Development (TOD) M1 Soekarno-Hatta juga ditutup sementara mulai 18 April 2020 pukul 00.00 WIB guna mendukung PSBB Tangerang Raya. Penutupan diberlakukan selama PSBB Tangerang Raya diterapkan.
 
Sejalan dengan penutupan TOD M1, pengendara sepeda motor dan pejalan kaki dapat masuk dan keluar kawasan Bandara Soekarno-Hatta melalui akses sementara yang terdapat di area TOD M1.
 
 
Bandara Internasional Halim Perdanakusuma
- Maskapai yang beroperasi berdasarkan data per 16 April 2020i: Batik Air,  Wings Air, Citilink Indonesia, Tri MG, Ekspres Transportasi Antarbenua, Travira Air. 
 
- Transportasi publik yang beroperasi:
Bus: Damri
Taksi reguler: Puskopau, Express/Next, Primajasa
Taksi eksekutif: Silverbird
Rent car & Online: Puskopau, Grab Car
 
 
VICA
PT Angkasa Pura II juga menginformasikan bahwa 
Sejak 9 April 2020, layanan Customer Assistant di bandara-bandara PT Angkasa Pura II dilakukan secara virtual dengan video call dari sebelumnya secara tatap muka.
 
Inovasi ini disebut dengan Virtual Customer Assistant (VICA) dan merupakan fitur terbaru dari aplikasi Indonesia Airports (INAirports). Sejalan dengan itu, VICA dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui INAirports di gadget iOS dan android.
 
Di samping di iOS, VICA dapat diakses juga melalui situs www.angkasapura2.co.id dan aplikasi Zoom.
 
Informasi Travel Advisory
Selain itu, secara berkala PT Angkasa Pura II memberikan informasi terbaru terkait dengan COVID-19 langsung di smartphone android atau iOS melalui aplikasi Indonesia Airports (INAirports), termasuk informasi mengenai Travel Advisory yang ditetapkan Indonesia dan negara- negara lainnya di tengah pandemi COVID-19. 
 
Selain di aplikasi, informasi terkait COVID-19 dan Travel Advisory juga dapat diakses melalui situs resmi perseroan www.angkasapura2.co.id contact center 138, serta akun instragram dan twitter dari masing-masing bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II.