COVID019
Untuk informasi detail perkembangan dan kebijakan-kebijakan terkait dengan Covid-19 dapat diakses disini.
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • PT Angkasa Pura II Bangun Sistem Anti-Penyuapan Berstandar Internasional

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

PT Angkasa Pura II Bangun Sistem Anti-Penyuapan Berstandar Internasional

07 Jul 2020

Jakarta – PT Angkasa Pura II (Persero) membangun Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP) sebagai bagian upaya perseroan memastikan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).

SMAP yang dibangun PT Angkasa Pura II sesuai dengan standar ISO 37001:2016 guna mengidentifikasi, mencegah dan mengevaluasi risiko penyuapan.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan penerapan sistem SMAP ini sesuai dengan arahan Kementerian BUMN dan Presiden Joko Widodo.

“Penerapan SMAP sesuai ISO 37001 sejalan dengan arahan Kementerian BUMN melalui Surat Menteri BUMN Nomor S-35/MBU/01/2020 dan Surat Sekretaris Menteri BUMN Nomor S-17/2.MBU/02/2020.  Surat Kementerian BUMN tersebut guna melaksanakan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.”

“Sistem SMAP ini memberikan protokol yang jelas dalam mencegah, mendeteksi dan melaporkan jika ada penyimpangan. Sehingga PT Angkasa Pura II dapat selalu menerapkan GCG di setiap aktivitas dan lini bisnis,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Aktifnya sistem SMAP ini ditandai juga dengan deklarasi dan penandatanganan Komitmen Anti-Penyuapan oleh jajaran komisaris dan direksi PT Angkasa Pura II pada 26 Juni 2020.

“Kami berharap sistem ini dapat mendukung kinerja PT Angkasa Pura II secara keseluruhan sehingga perseroan dapat mempertahankan predikat sebagai Industry Leader pada pengukuran Kriteria Penilaian Kinerja Unggul [KPKU] BUMN,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Adapun pada pengukuran KPKU yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN pada tahun lalu, PT Angkasa Pura II meraih skor 681,00 sehingga meraih predikat Industry Leader. 

KPKU mengukur performa dari aspek keuangan dan nonkeuangan setiap BUMN yang berjumlah 114 perusahaan. Tidak banyak BUMN yang berhasil meraih predikat Industry Leader, yang didasarkan atas posisi sebagai market leader dan juga trendsetter yang inovatif pada industri kebandarudaraan di Indonesia.