COVID019
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • MotoGP Gairahkan Penerbangan, AP II dan Stakeholder Sukses Akomodir Tingginya Permintaan di Rute Jakarta - Lombok

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

MotoGP Gairahkan Penerbangan, AP II dan Stakeholder Sukses Akomodir Tingginya Permintaan di Rute Jakarta - Lombok

22 Mar 2022

Layanan Bandara Soekarno-Hatta Diapresiasi


Jakarta- Perhelatan internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, pada 18 - 20 Maret 2022 berjalan sukses. 

Ajang tersebut menjadi magnet sektor pariwisata nasional, terlihat dari peningkatan lalu lintas penerbangan yang signifikan menuju Lombok. 

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan lalu lintas penerbangan di rute Jakarta - Lombok - Jakarta meningkat hingga 155% saat gelaran balapan roda dua itu berlangsung. 

Pada 17 - 20 Maret (Kamis - Minggu) atau saat Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung, jumlah pergerakan penumpang pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Lombok dan sebaliknya mencapai hingga 25.017 orang atau meroket 155% dibandingkan dengan Kamis - Minggu pekan sebelumnya yakni tanggal 10 - 13 Maret yang sebanyak 9.790 orang. 

Adapun jumlah pergerakan pesawat melonjak drastis dari sebelumnya 68 penerbangan menjadi 215 penerbangan. Pada periode yang sama yakni 17 - 20 Maret 2022, pergerakan pesawat di rute Jakarta - Bali  - Jakarta tercatat 322 penerbangan.

“Lalu lintas penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia ke Bandara Lombok mengalami peningkatan signifikan pada 17 - 20 Maret 2022. Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan kelas utamanya MotoGP, menjadi magnet wisatawan dan turut menggairahkan sektor penerbangan.”

“Bandara Soekarno-Hatta mampu mengakomodir tingginya permintaan penerbangan dari dan ke Bandara Lombok, dengan fokus utama adalah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai regulasi yang diperkuat dengan Biosafety Management dan Biosecurity Management,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Seperti diketahui, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara jangkar di rute domestik, di mana bandara ini juga menjadi tempat transit bagi traveler untuk melanjutkan perjalanan ke kota lainnya termasuk Lombok. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder agar penerbangan dapat berjalan lancar dan mendukung gelaran di Sirkuit Mandalika. 

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki peran yang sentral. Bandara ini menjadi lokasi pertama bagi sebagian besar pembalap dan official tim tiba di Indonesia, kemudian bertolak ke Lombok. Lalu setelah event di Mandalika selesai, Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan mereka ke luar negeri,” ujar Agus Haryadi.

Dia menambahkan, “AP II berterima kasih atas kolaborasi dari seluruh pihak antara lain regulator, maskapai, AirNav Indonesia dan ground handling sehingga tingginya lalu lintas penerbangan dapat dilayani dengan baik. Aspek keamanan, pelayanan dan penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian kami.”

Pada 13 - 15 Maret 2022, Bandara Soekarno-Hatta menyambut kedatangan pembalap dan official tim dari luar negeri. Pelayanan staf bandara saat menyambut kedatangan rombongan pembalap dan tim sempat mendapat pujian.

Salah satu tokoh di ajang balapan roda dua yakni Michael Hill yang terkenal sebagai presenter dan interviewer di paddock mengpresiasi layanan di Bandara Soekarno-Hatta. Di akun twitternya, dia mengatakan Bandara Soekarno-Hatta memiliki staf yang sangat baik sehingga memberikan pengalaman yang efisien dalam melakukan perjalanan. 
“Harus mengatakan 10/10 untuk staf di Bandara Jakarta. 15 menit turun dari pesawat dan saya sudah berada di luggage belt (area pengambilan bagasi). Super efisien,” ujarnya.

Kemudian pada 16 Maret 2022, Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan pembalap dan official tim ke Lombok. 

Lalu pada 20 Maret 2022, para pembalap dan official tim bertolak ke luar negeri dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta usai mengikuti Pertamina Grand Prix of Indonesia. 

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation Abdulbar M. Mansoer menuturkan Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh staf di Bandara Soekarno-Hatta. 

“Dorna mengatakan petugas di Bandara Soekarno-Hatta sangat ramah. Selain itu, Dorna juga mengapresiasi adanya area tes PCR yang didedikasikan bagi para pembalap dan official tim,” ujar Abdulbar M. Mansoer

Koordinasi yang baik di antara stakeholder Bandara Soekarno-Hatta terkait berbagai hal khususnya operasional penerbangan dan aspek layanan telah sukses mendukung perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia. 

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki kemampuan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik di tengah pandemi. Bandara ini beroperasi 24 jam setiap hari untuk menjaga konektivitas udara nasional,” ujar Agus Haryadi.