COVID019
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • Bandara Kertajati Hari Ini Kembali Melepas Keberangkatan Jemaah Umrah ke Tanah Suci, Sebanyak 375 Jemaah Terbang Dengan Lion Air

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Bandara Kertajati Hari Ini Kembali Melepas Keberangkatan Jemaah Umrah ke Tanah Suci, Sebanyak 375 Jemaah Terbang Dengan Lion Air

26 Nov 2022

Jakarta - Bandara Kertajati di Majalengka pada Sabtu, 26 November 2022, kembali melepas keberangkatan jemaah umrah.

Sebanyak 375 jemaah umrah pada hari ini berangkat dari Bandara Kertajati menuju Madinah (Arab Saudi) menggunakan Lion Air nomor penerbangan JT 068 yang dioperasikan dengan pesawat berbadan lebar Airbus A330-300, yang lepas landas sekitar pukul 13.15 WIB.

Sebelumnya pada 20 November 2022, Bandara Kertajati untuk pertama kalinya sejak pandemi juga menjadi bandara keberangkatan jemaah umrah dengan Garuda Indonesia. 

Keberangkatan jemaah umrah dari Bandara Kertajati hari ini turut dilepas oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang didampingi antara lain President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan President Director Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Kertajati diharapkan dapat mempermudah masyarakat asal Jawa Barat dalam menjalankan ibadah umrah. 

“Pada hari ini sebanyak 375 jemaah umrah diberangkatan dari Bandara Kertajati, di mana jumlah itu hampir 100% dari kapasitas kursi pesawat Lion Air Airbus A330-300. Antusiasme para jemaah asal Jawa Barat untuk terbang dari Bandara Kertajati sangat tinggi. Para jemaah menyampaikan terbang dari Bandara Kertajati lebih nyaman dan jaraknya dekat dari tempat tinggal.”

“Kami berterima kasih kepada Menteri Perhubungan yang sangat mendukung terwujudnya penerbangan umrah dari Bandara Kertajati, untuk semakin mempermudah masyarakat Jawa Barat dalam menjalankan ibadah umrah,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Di tempat yang sama, President Director Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi menuturkan penerbangan Kertajati - Madinah ini mengangkut 375 jemaah umrah dan menggunakan layanan Premium Service - Umrah. 

“Rute perdana Bandara Kertajati - Madinah menggunakan layanan Premium Service - Umrah, dengan tata kursi 18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi. Berangkat pada penerbangan perdana ini 375 jemaah,” ujar Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi. 

Maria Kristi, Staf Ahli Bidang Keselamatan Konektivitas dan Konektivitas Menteri Perhubungan, yang juga turut hadir dalam melepas penerbangan Lion Air JT 068  menuturkan Bandara Kertajati memiliki fasilitas lengkap untuk melayani jemaah umrah. 

“Kita bangga bandara ini sudah bisa melayani penerbangan umrah. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu,” ujar Maria Kristi. 

Maria Kristi juga berharap lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati dapat semakin meningkat ke depannya. 

“Maskapai yang beroperasi juga bertambah, rute dari Bandara Kertajati ke seluruh bandara di Indonesia semakin bertambah. Bandara ini dapat berfungsi dengan baik untuk membuka konektivitas,” jelas Maria Kristi.