COVID019
Anjuran Perjalanan pada Masa Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
Peningkatan Tindakan Pencegahan Terhadap Covid-19 di Bandara-Bandara Angkasa Pura II. Klik disini.
X

  • Berita & Event
  • Tetap Kedepankan GCG di Tengah Tekanan Hebat Pandemi, AP II Tiga Tahun Berturut-turut Raih Predikat Sebagai Perusahaan Sangat Terpercaya

Berita & Event

Berita terbaru mengenai PT Angkasa Pura II (Persero)

Tetap Kedepankan GCG di Tengah Tekanan Hebat Pandemi, AP II Tiga Tahun Berturut-turut Raih Predikat Sebagai Perusahaan Sangat Terpercaya

21 Dec 2022

Skor Corporate Governance Perception Index (CGPI) AP II mencapai 86,52

Jakarta - PT Angkasa Pura II, pengelola 20 bandara di Indonesia, kembali meraih predikat sebagai perusahaan Sangat Terpercaya atau Most Trusted Companies dalam ajang Indonesia Most Trusted Companies 2022.

Predikat tertinggi Most Trusted Companies diberikan setelah The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bersama SWA menetapkan nilai Corporate Governance Perception Index (CGPI) AP II sebesar 86,52 untuk penilaian tahun buku 2021. 

Skor CGPI sendiri ditentukan berdasarkan riset untuk mengukur penerapan Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik di perusahaan. Penilaian CGPI mencakup struktur governansi (governance structure), proses governance (governance process) dan hasil governance (governance outcome). 

Sebelumnya, AP II juga berhasil meraih predikat Most Trusted Companies pada 2019 dengan skor CGPI sebesar 86,01 dan pada 2020 dengan skor CGPI sebesar 86,37. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin menuturkan penguatan penerapan GCG menjadi fokus AP II setiap tahunnya.

“Penguatan penerapan GCG menjadi kewajiban bagi setiap perusahaan termasuk AP II. Di dalam tiga tahun terakhir, AP II selalu meraih predikat Most Trusted Companies dalam Indonesia Most Trusted Companies 2022, dengan indeks skor yang secara konsisten meningkat hingga pada 2022 dapat mencapai skor CGPI sebesar 86,37.”

“AP II memiliki visi On Becoming Airport Enterprise Leader in the Region pada 2024. Untuk menjadi pemimpin pasar operator bandara di ASEAN itu tentunya AP II harus benar-benar memiliki pondasi kuat sebagai organisasi yang sehat, dan salah satunya adalah AP II harus menerapkan prinsip GCG dengan baik,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin menuturkan penghargaan Most Trusted Companies 2022 ini membuktikan bahwa AP II dapat tetap menjaga penerapan GCG dengan baik meski berada di bawah tekanan pandemi COVID-19.

“Sepanjang tahun 2021, AP II melakukan berbagai upaya untuk bangkit dari hantaman pandemi yang memberikan tantangan terberat sepanjang masa bagi dunia penerbangan dan pariwisata. Penilaian independen CGPI dari perspektif stakeholder menandakan bahwa AP II telah menjaga kinerja perusahaan di tengah pandemi dengan tetap mengedepankan prinsip GCG,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Director of Human Capital AP II Ajar Setiadi menuturkan penghargaan yang diraih ini menjadi penyemangat bagi sumber daya manusia (SDM) di AP II untuk selalu memberikan yang terbaik. 
“Penghargaan Most Trusted Companies yang diraih AP II menjadi penyemangat untuk selalu meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik dalam menjaga dan memperkuat konektivitas transportasi udara di Indonesia,” ujar Ajar Setiadi.

Ajar Setiadi menuturkan penerapan CGG yang kuat oleh SDM AP II juga akan menjadikan perseroan semakin kompetitif dalam persaingan di tingkat regional dan global. 

Melalui skoring CGPI yang dilakukan, AP II dapat menetapkan indikator atau standar kualitas penerapan GGC yang ingin dicapai ke depannya sehingga dapat selalu menerapkan praktik bisnis beretika dan menjaga kepercayaan investor serta publik terhadap perusahaan.